Sukses dan kesulitan sering bertemu, tapi yakinlah !!! Sukses bergerak ke depan sedangkan kesulitan bergerak ke belakang. (Almarhum Ayah)

Jumat, 11 Mei 2012

SEJARAH SINGKAT KEPRAMUKAAN DUNIA

              
 1.    Pengalaman Baden Powell

Baden Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London Inggris. Nama sesungguhnya adalah Robert Stephenson Smyth, ayahnya seorang profesor Geometry di
Universitas Oxford, bernama Baden Powell yang meninggal ketika Stephenson masih kecil.

Pengalaman-pengalaman Baden Powell sejak kecil yang berpengaruh terhadap adanya kegiatan-kegiatan kepramukaan banyak sekali dan cukup menarik, diantaranya :
a.         Ditinggal ayahnya sejak kecil, dan mendapatkan pembinaan watak dari ibunya.
b.        Latihan keterampilan berlayar, berkemah, berolah raga dll yang didapat dari kakaknya.
c.         Baden Powell sangat disenangi oleh teman-temannya karena selalu gembira, lucu, cerdas, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar.
d.        Pengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang dan diketemukan di puncak gunung, serta keberhasilan melatih panca indra kepada Kimball O’ Hara.
e.        Pengalaman terkepung bangsa Boer di kota Mafeking Afrika selatan selama 127 hari dan kekurangan makan.
f.          Pengalaman mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu.

Pengalaman tersebut ditulis dalam bukunya yang berjudul “ AIDS TO SCOUTING” yang sebenarnya memberi petunjuk kepada tentara muda Inggris agar dapat melakukan tugas penyelidikan dengan baik.

Dan William Smyth sebagai salah seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris meminta dia untuk melatih anggotanya sesuai dengan cerita pengalaman beliau. Maka dipanggilah 21 orang pemuda dari Boys Brigade di berbagai wilayah negeri untuk diajak berkemah dan berlatih di pulau Brownsea pada tanggal 25 Juli 1907 selam 8 hari.

Tahun 1910 Baden Powell minta pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jendral. Beliau mendapat gelar Lord dari Raja George pada tahun 1929.

Beliau menikah dengan Ovale St Clair Soames pada tahun 1912, dan dianugrahi 3 orang anak. Dan beliau meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya Afrika.

2.    Sejarah Kepramukaan Se-Dunia


Awal tahun 1908 Boden Powell selalu menulis cerita pengalamannya sebagai bungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisaannya itu kemudian terbit dalam sebuah buku dengan judul “SCOUTING FOR BOYS”.

Buku ini cepat tersebar ke seluruh negeri Inggris, bahkan negara-negara lainnya, dan berdirilah organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki usia Penggalang dengan sebutan BOYS SCOUT.

Kemudin disusul berdirinya organisasi kepramukaan putri bernama GIRL GUIDES, atas bantuan adik perempuannya yang bernama Agnes, yang kemudian diditeruskan oleh   Ny. Baden Powell.

Tahun 1916 berdiri kelompok Pramuka usia Siaga yang disebut “CUB” (anak srigala). Dengan judul Jungle Book, berisi cerita tentang MOWGLI anak didikan sebagai cerita pembungkus kegiatan CUB tersebut.

Tahun 1918 Boden Powell membentuk ROVER SCOUT (Pramuka usia Penegak), untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17 tahun, tetapi masih senang kegiatan di bidang Kepramukaan.

Tahun 1922 Boden Powell menerbitkan buku ROVERING TO SUCCESS (Mengembara menuju bahagia) yang berisi petunjuk bagi para Pramuka Penegak dalam menghadapi hidupnya agar mencapai kebahagiaan. Buku itu menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannyasendiri menuju ke pantai bahagia. Di hadapannya terdapat karang-karang yang berbahaya yaitu:

a.         Karang perjudian
b.        Karang wanita
c.         Karang minuman keras dan merokok
d.        Karang mementingkan diri sendiri dan mengorbankan orang lain (munafik)
e.        Karang tidak berTuhan

Tahun 1920 diselenggarakannya Jambore sedunia di arena Olympia, London. Boden Powell telah mengundang Pramuka dari 27 negara, dan pada saat itu Boden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu sedunia (Chhef Scout Of The World)

Tahun 1924         Jambore Dunia II di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
Tahun 1929         Jambore III di Arrow Park, Birkenhead, Inggris
Tahun 1933         Jambore IV di Godollo, Budapest, Honggaria
Tahun 1937         Jambore V di Vogelenzang, Bloemendaal, Belanda
Tahun 1947         Jambore VI di Moisson, Perancis
Tahun 1951         Jambore VII di Salz Kamergut, Austria
Tahun 1955         Jambore VIII di Ontario, Kanada
Tahun 1957         Jambore IX di Sutton Park, Sotton Coldfild, Inggris
Tahun 1963         Jambore XI di Marathon, Yunani
Tahun 1967         Jambore XII di Idaho, Amerika Serikat
Tahun 1971         Jambore XIII di Asagiri, Jepang
Tahun 1975         Jambore XIV di Lellehammer Norwegia
Tahun 1979         Jambore yang seharusnya di Neishaboor Iran, tetapi dibatalkan
Tahun 1983         Jambore XV di Kananaskis, Alberta, Kanada.

Tahun 1914 Boden Powell mulai menulis petunjuk untuk Kursus Pembina Pramuka. Rencana ini baru dapat dilaksanakan mulai tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F de Bois Mac Leren, Boden Powell mendapat sebidang tanah di Chingford yang digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka, yang kemudian dikenal dengan nama GILWELL PARK.

Sejak tahun 1920 dibentuk Dewan Internasional dengan 9 orang anggota dan Biro Sekretarisnya berada di London, Inggris. Tahun 1958 Biro Kepramukaan Sedunia (putra) dipindahkan dari London ke Swiss, dan tanggal 1 Mei 1968 Biro Kepramukaan sedunia putra di pindah lagi ke Genewa, di Swiss.

Sejak tahun 1920-1965 kepala biro-biro kepramukaan sedunia ini dipegang berturut-turut oleh Hubert Martin (Inggris),  Kolonel J.S. Wilson (Inggris), Mayjen D.C. Spry (Kanada). Tahun 1965 D.C. Spry diganti R.T. Lund dan sejak tanggal 1 Mei 1968 sampai sekarang dipegang oleh DR.Laszlo Nagy sebagai Sekjen.

Biro kepramukaan sedunia putra hanya mempunyai 40 orang tenaga staff, yang ada di Genewa dan di 5 kantor kawasan , yaitu di Cost Rica, Mesir, Philipina, Swiss dan Nigeria.
Biro kepramukaan sedunia putri sampai sekarang tetap di London dan juga mempunyai kantor di lima kawasan yaitu : Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar